• Image and video hosting by TinyPic">Image and video hosting by TinyPic" title="This is featured post 1 title" alt="Indahnya lingkungan sekitar SMAN 3 Salatiga." />
  • Image and video hosting by TinyPic">Image and video hosting by TinyPic" title="This is featured post 2 title" alt="Replace This Text With Your Featured Post 2 Description." />
  • Image and video hosting by TinyPic">Image and video hosting by TinyPic" title="This is featured post 3 title" alt="Replace This Text With Your Featured Post 3 Description." />

Selasa, 15 Mei 2012

Artikel Hidroponik

PENGERTIAN
Hidroponik (hydroponic) berasal dari kata Yunani yaitu hydro yang berarti air dan ponos yang artinya daya. Hidroponik juga dikenal sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa tanah. Jadi hidroponik berarti budidaya tanaman yang mamanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam atau soilles. Banyak jenis tanaman yang dapat dibudidayakan dengan teknik hidroponik apabila dilakukan hanya pada kegiatan hobi saja.
Bertanam dengan sistem hidroponik, dalam dunia pertanian bukan merupakan hal yang baru. Namun hingga kini masih banyak masyarakat yang belum tahu bagaimana cara melakukan dan apa keuntungannya. Untuk itu dipaparkan secara ringkas dan praktis bertanam dengan cara ini. Hidroponik memiliki pengertian secara bebas teknik bercocok tanam yang menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman, atau dalam pengertian sehari-hari bercocok tanam tanpa tanah.
Dari pengertian ini terlihat munculnya teknik bertanam secara hidroponik diawali oleh semakin tingginya perhatian manusia akan pentingnya kebutuhan pupuk bagi tanaman.Dimanapun tumbuhnya sebuah tanaman akan tetap dapat tumbuh dengan baik apabila nutrisi (hara) yang dibutuhkan selalu tercukupi.

MEDIA TANAM INERT HIDROPONIK
Media tanam inert adalah media tanam yang tidak menyediakan unsur hara. Pada umumnya media tanam inert berfungsi sebagai buffer dan penyangga tanaman :
a.     Arang sekam
b.    Spons
c.     Pasir
d.    Kerikil
e.     Serbuk kayu

KEUNTUNGAN HIDROPONIK
·         Untuk keperluan hiasan, pot dan tanaman akan selalu bersih sehingga peletakan tanaman  akan lebih fleksibel. 
·         Untuk tanaman bunga tertentu bisa diatur warna yang dikehendaki, tergantung tingkat keasaman dan basa larutan yang dipakai dalam pelarut nutrisinya.
·         Penggunaan tanaman buah-buahan seperti kedondong, akan bisa menghasilkan penampakan tanaman yang berbuah lebat sepanjang waktu, dengan mengatur C/N ratio, yakni melalui pemangkasan pada cabang, batang dan daun yang tumbuh berlebihan. Disamping, pemangkasan akan merangsang pembungaan dan pembuahan.
·         Selain itu, hidroponik juga alternatif pengganti tanah.

AHLI HIDROPONIK
            Di Indonesia sendiri, kita patut berbangga karena kita mempunyai beberapa ahli dibidang hidroponik, diantaranya yaitu, Edi Sugiyanto,  Anas D. Susila, Arief Fardiana S., Agung Purnomo, dan H Agus Hendra.

PEMBUATAN HIDROPONIK SEDERHANA
Pada prinsipnya wadah yang digunakan untuk menanam tanaman tidak porous dan dapat menahan air. Untuk itu, pot tunggal dengan bagian dasar tertutup atau tanpa lubang merupakan wadah yang tepat digunakan, karena pot tersebut akan diisi dengan air,  kalau tidak ada dapat dipilih ember hitam. 
Media tanam yang digunakan adalah koral split, yaitu batu kali yang sudah dipecah menjadi bagian-bagian kecil, berukuran 2-3 cm. Kalau terlalu kecil sebaiknya tidak digunakan karena kurang menyediakan ruang udara, yang menyebabkan pertumbuhan perakaran tidak optimal
       Cara penanaman
Tanaman yang ditanam dapat berupa hasil stek batang yang sudah cukup umur yang sesuai dengan bentuk dan ukuran pot. Lalu keluarkan tanaman dari media tanah dan usahakan agar akar tanaman tidak rusak. Buang tanah yang melekat pada akar dan batang tanaman dan cuci dengan air sampai bersih, kemudian letakkan tanaman yang sudah bersih pada pot yang telah diisi dengan koral split, lalu tambah koral split hingga penuh atau sejajar dengan permukaan pot. 
Beri penyangga jika tanaman belum mampu berdiri tegak. Selanjutnya isi pot dengan air sampai penuh.  Karena ada lubang pengontrol pada dinding pot maka dengan sendirinya permukaan air akan turun sesuai dengan tinggi lubang.  Tanaman yang sudah ditanam dengan sempurna letakkan di tempat teduh atau tidak terlalu banyak kena sinar matahari selama satu sampai dua minggu.
       Penambahan nutrisi
Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman hidroponik dapat dengan memberi pupuk majemuk lengkap. Jenis pupuk yang dianjurkan adalah pupuk majemuk NPK, dengan alasan mudah diperoleh dan kandungan yang ada di dalamnya merupakan kebutuhan utama tanaman, yaitu nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K). Selain NPK, juga bisa digunakan pupuk daun. yang dilarutkan dulu kedalam air kemudian disemprotkan ke tanaman.

Beberapa Gambar tanaman hidroponik : 


Sumber:      Hudoro Sameto, 2004.  HIDROPONIK Sederhana Penyejuk Ruangan, Penebar Swadaya, Bogor.


  • Foto lainnya
  • 2 komentar:

    Hamzah Alfarisi mengatakan...

    BAGUS LANJUTKAN,, SANGAT BERMANFAAT

    hamzahalfarisi.student.ipb.ac.id

    diandra humairah mengatakan...

    Kok tulisannya warna kuning sih...
    Gak kebaca nih

    Posting Komentar