• Image and video hosting by TinyPic">Image and video hosting by TinyPic" title="This is featured post 1 title" alt="Indahnya lingkungan sekitar SMAN 3 Salatiga." />
  • Image and video hosting by TinyPic">Image and video hosting by TinyPic" title="This is featured post 2 title" alt="Replace This Text With Your Featured Post 2 Description." />
  • Image and video hosting by TinyPic">Image and video hosting by TinyPic" title="This is featured post 3 title" alt="Replace This Text With Your Featured Post 3 Description." />

Selasa, 15 Mei 2012

Artikel Kebersihan

PENGERTIAN KEBERSIHAN
Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. Di zaman modern, setelah Louis Pasteur menemukan proses penularan penyakit atau infeksi disebabkan oleh mikroba, kebersihan juga berarti bebas dari virus,bakteri patogen, dan bahan kimia berbahaya.
Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan higiene yang baik. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat, tidak bau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain.

SAMPAH ADALAH MASALAH UTAMA
Bagaimana kehidupan masyarakat kita ke depan, jika persoalan sampah tidak segera diselesaikan. Permasalahan sampah bukan hanya berdampak pada persoalan lingkungan, tetapi juga telah menimbulkan kerawanan sosial dan bencana kemanusiaan.
Berbagai kasus, seperti di Bantargerbang, Bojong Gede, dan Leuwigajah, mengingatkan kita bahwa persoalan sampah bukan hal yang sepele. Lalu, apa yang dapat kita lakukan agar sampah tidak menggunung dan membuat lingkungan tidak sehat?

CARA MENJAGA KEBERSIHAN
Beberapa hal kreatif dan efektif yang bisa kita lakukan yaitu menerapkan prinsip 4R : Replace (mengganti), Reduce (mengurangi), Re-use (memakai), dan Recycle (daur ulang).
1.      Replace (Ganti dengan barang ramah lingkungan)
Teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama. Juga telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan. Misalnya, ganti kantong keresek kita dengan keranjang bila berbelanja, dan jangan pergunakan styrofoam karena kedua bahan ini tidak bisa didegradasi secara alami.
2.      Reduce (Kurangi Sampah!)
Membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi sampah kantong plastik pembungkus barang belanja, membeli kemasan isi ulang untuk shampoo dan sabun daripada membeli botol baru setiap kali habis.Membeli susu, makanan kering, deterjen, dan lain-lain dalam paket yang besar daripada membeli beberapa paket kecil untuk volume yang sama.

3.     Re-use (Gunakan sisa sampah yang masih bisa dipakai!)
Memanfaatkan botol-botol bekas untuk wadah, memanfaatkan kantong plastik bekas
kemasan belanja untuk pembungkus, memanfaatkan pakaian atau kain-kain bekas untuk kerajinan tangan, perangkat pembersih (lap), maupun berbagai keperluan lainnya.
4.         Recycle (Daur Ulang Sampah!)
Daur ulang sendiri memang tidak mudah, karena kadang dibutuhkan teknologi dan penanganan khusus, tapi kita bisa membantu dengan cara :
    1.     Mengumpulkan kertas, majalah, dan surat kabar bekas untuk di daur ulang.
    2.     Mengumpulkan sisa-sisa kaleng atau botol gelas untuk di daur ulang.
    3.     Menggunakan berbagai produk kertas maupun barang lainnya hasil daur ulang.

PENGABDIAN PETUGAS KEBERSIHAN
“Buanglah sampah pada tempatnya”, merupakan slogan yang sering kita baca. Namun jarang kita melakukannya, bahkan di lingkungan sekitarpun sering kita membuang sampah sembarangan dan biasanya akan tertular sampai ke sekolah.
Mungkin kita sering melihat petugas kebersihan, seperti di sekolah. Mereka dengan senantiasa dan tak mengenal lelah melakukan pekerjaannya. Disadari atau tidak mereka merupakan bagian penting masyarakat yang terlupakan, terpinggirkan, bahkan kita cenderung menganggap sebelah mata kehadiran dan pekerjaan mereka.
Bayangkan bila di tidak ada petugas kebersihan, pasti sampah akan menumpuk karena tidak ada yang membersihkan atau mengangkutnya ke tempat pembuangan akhir. Petugas kebersihan ibarat berlian yang berkilau di tengah kotornya sebuah tempat. Kerasnya kehidupan tidak membuat mereka berhenti memberikan kontribusi pada masyarakat.
Jadi kita patut berterima kasih pada petugas kebersihan yang ada di SMAN 3 Salatiga, kita juga patut membantu menjaga kebersihan lingkungan sekolah karena ini adalah tugas kita bersama.
Jika lingkungan tak bersih bukan tak mungkin penyakit akan mudah mengenai kita... dan ingat selalu "Buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan". 

Gambar penjaga kebersihan di sekolah kita : 


  • Foto lainnya
  • 0 komentar:

    Posting Komentar